Rabu, 07 Mei 2014

Glass Armonica

Alat musik unik selanjutnya, yakni glass armonica atau harmonica kaca. Harmonica ini terbuat dari bahan mangkuk kaca berbagai ukuran. Karena terbuat dari bahan kaca, maka harmonica ini termasuk jenis crystallophone. Alat musik ini juga dikenal dengan nama bowl organ, hydrocrystal phone. Alat musik yang dimainkan dengan cara menggesekkan jari pada kaca yang telah dibasahi terlebih dulu tersebut ditemukan seorang musisi asal Irlandia, Richard Puckeridge.
Akar dari glass armonica adalah penemuan yang dilakukan oleh Benjamin Franklin yang memainkan sebuah instrument musik melalui gelas-gelas yang diisi air dalam berbagai ukuran. Seperti halnya glass armonica yang kini dikembangkan Richard, Benjamin pun memainkan alat musik gelasnya dengan menyentuh bibir gelas yang telah dibasahi terlebih dahulu. Apa yang dimainkan Benjamin dulu disebut Franklin Armonica. Benjamin pertama kali menemukan alat musik dengan cara menyusun gelas berisi air pada tahun 1761.
Apa yang dilakukan Benjamin juga terinspirasi dari instrument yang dimainkan Edmund Delaval di Cambridge, Inggris pada tahun 1578, sedangkan orang pertama yang memainkan glass armonica adalah Marianne Davies dengan 37 gelas yang dipasang horizontal pada proses besi. Saat itu Benjamin telah membuat instrument yang cukup uni, tetapi sedikit rumit memainkannya. Bahkan instrument alat glass armonica ini sempat menghilang pada abad 18, karena diyakini suara yang keluar dari alat tersebut membuat pemain dan yang mendengarkannya menjadi gila. Hingga alat musik temuan Franklin disimpan di Franklin Institute di Philadelphia, Pennsylvania.
Kini Richard menyempurnakan glass armonica dengan bentuk yang lebih sempurna, sehingga bisa dengan mudah memainkannya.

Uniknya.com, Juli 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar