Selasa, 06 Mei 2014

Teponaztle





Teponaztli terbuat dari kayu kayu berongga, seringkali api mengeras. Seperti drum celah kebanyakan, teponaztli memiliki tiga celah di geladak mereka, potong bentuk sebuah "H". Lidah yang dihasilkan kemudian dipukul dengan bola karet di palu, yang biasanya terbuat dari tanduk rusa. Karena lidah yang panjang yang berbeda, atau diukir ke ketebalan yang berbeda, yang teponaztli menghasilkan 2 lapangan yang berbeda, biasanya ketiga atau keempat terpisah.

Teponaztli biasanya dihiasi dengan ukiran relief berbagai dewa atau dengan desain abstrak, dan bahkan diukir ke dalam bentuk makhluk atau manusia. Beberapa dari makhluk ini ternganga, memberikan peningkatan volume melalui lubang di akhir. Pada drum lain, sebuah lubang dibuat pada bagian bawah drum. Teponaztli dari budaya Mixtec dalam apa yang saat ini tengah-selatan Mexico dikenal untuk pertempuran berbagai atau adegan mitologis diukir dengan lega.

Drum ini berkisar dalam ukuran dari sekitar 1 kaki (30 cm) sampai 4 kaki (1,2 meter). The teponaztli besar akan diistirahatkan pada bingkai pendukung. Yang lebih kecil baik dapat beristirahat pada frame atau dibawa oleh tali mengenai bahu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar